Sabtu, 15 November 2008

Nokia 6120 Classic yang Mirip E51



Kemarin saya baru pegang HP Nokia 6120 Classic. Bagus sih... ceritanya seperti CNET.com hehe mencoba-coba dan utak-utik HP. Sebelumnya saya dimintai teman untuk setting dan install beberapa sofware seperti Yahoo Go! di Nokia E51 dengan jaringan Telkomsel GPRS karena di Sengata belum ada HSDPA dan UMTS. Saya belum menemukan masalahnya sebelum bermain dengan download dan install sofware. Pertama-tama saya melakukan setting POP3 email termasuk Gmail dan berhasil walaupun tidak seperti Motorola Q9h yang punya setting wizard untuk Gmail dan Yahoo. Jadi saat setting Gmail harus buka-buka lagi setting manualnya hehehe. (ternyata HP ini punya juga kok Wizart untuk setting Email, jadi yang ga tahu settingannya bisa tinggal pakai Wizart-nya) Kedua, saya coba bermain denga MP3 player. Bolehlah.... karena ternyata punya speaker disisi kanan yang cukup oke. Saya bandingkan dengan Nokia 3110 claasic. Lebih bagus 6120 classic ini. Sayangnya tidak seperti Nokia 5310 yang punya audio jack 3.5mm, HP ini punya 2.5mm yang tidak compatable dengan audio jack umum yang banyak beredar dipasaran. Namun masih lebih bagus ketimbang ga ada hehehe.

HP ini dilengkapi dengan kamera 2MP. Lumayanlah walau tanpa auto fokus. Kamera dilengkapi dengan flash. Seperti kebanyakan HP dengan kamera 2MP, tetap performanya kurang memuaskan dibandingkan dengan camera non HP bila kita buka di komputer/laptop. Kelebihannya HP ini punya mode landscape lho. Kemampuan 3G/HSDPA belum teruji hehehe. Bluetooth sama sekali tidak masalah. beberapa kali transfer data dari HP ke HP lain lumayan cepat. Oya browsing internet juga oke (dengan jaringan GPRS, malahan layarnya bisa di-rotate ke landcape sehingga internet bisa kita nikmati seperti apa mau kita (maksudnya?)

Beberapa software saya coba install termasuk game Robo dan Expanse Calender dan juga mini opera. Semua berhasil namun masih kudu di install dari laptop ke HP menggunakan Nokia PC suite. Dengan jaringan yang ada saya masih bermasalah dalam hal mendownload. Contohnya Yahoo Go 3.0 Beta begitu sulit mendownloadnya (sampai sekarang belum berhasil). padahal dengan Nokia E51 atau Motorola Q9h cukup mudah. Apa masalahnya? di HP atau jaringan Telkomsel? masih belum jelas. Lalu, kabel data? Handphone ini menggunakan kabel mini USB standard tipe B buat transfer data dari laptop ke HP atau sebaliknya. Ga perlu kuatir banyak dipasaran kalau kabel hilang.

Kendati dilengkapi dengan QuickOffice, namu bukan QuickOffice seperti handphone bisnis karena hanya bisa baca doang.. sayang ya. (emang ini bukan HP buat bisnis man kok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar